Tanah abang merupakan resapan kata dari kata Tenabang dengan definisi atau arti kata dengan sejarah dan latar belakang yang beraneka-macam.  Perubahan jaman memberikan kontribusi dalam perubahan yang terjadi dalam sejarah wilayah yang sangat populer ini.  Tenabang menurut beberapa sumber sejarah berasal dari kata NABANG, sebuah pohon sejenis palm yang banyak tumbuh di daerah yang banyak dikelilingi rawa-rawa.  Orang Belanda menyebutnya DE NABANG yang lambat-laun populer di telinga masyarakat dan entah bagaimana kemudian berevolusi menjadi sebutan TENABANG.   Penamaan atau sebutan wilayah seperti itu memang jamak terjadi dan berlaku juga di wilayah sekitar jakarta, disamping karena mudah diingat juga karena banyaknya perkebunan yang ada di sekitar wilayah itu seperti penyebutan untuk Kebon Kacang, kebon sirih, kebon jahe dan lain sebagainya.

Kawasan TENABANG itu sendiri awalnya merupakan milik pribadi orang-orang Belanda berupa hutan atau tanah kosong yang kemudian disewa oleh orang China untuk dijadikan wilayah pertanian atau peternakan. Untuk perkebunan mereka biasanya menanam tebu, sirih, jahe, melati, kacang sesuai kebutuhan komoditas yang dibutuhkan saat itu.  Tenabang juga dikenal sebagai kober, sebutan untuk areal pemakaman, karena digunakan juga untuk mengubur jenazah yang mesti diangkut terlebih dahulu dengan sampan melewati rawa sebelum sampai ditanah pekuburan.

Versi lain berdasar buku “Kampung Tua di Jakarta” yang diterbitkan Dinas Museum dan Sejarah DKI, pemberian nama Tanah Abang diilhami dari kondisi tanah di wilayah tersebut yang berwarna merah.  Abang dalam bahasa jawa berarti merah, yang diberikan oleh pasukan Mataram dari tanah Jawa yang tengah berperang dengan VOC dan membuat basis-basis pertahanan di sekitar wilayah tersebut.

tanah abang

Sejarah Tanah Abang
Sejarah Tanah Abang dimulai pada abad ke-17 saat kota Batavia mengalami perluasan tata kota ke arah selatan, Timur dan Barat.  Salah seorang penyewa lahan di Tanah Abang bernama Phoa Bing Ham berkontribusi dengan membangun kanal yang menghubungkan ketiga wilayah itu yang juga digunakan sebagai jalur distribusi untuk mengangkut hasil kebunnya untuk diperdagangkan.  Ia membuat jalur kanal dari selatan menyusur disepanjang Jl Gajah Mada hingga sampai ke kali Ciliwung di Timur.  Ke wilayah Barat Batavia, ia menggali kanal hingga ke ujung Kebon Sirih hingga terhubung ke Kali Krukut.

Pembangunan kanal pada akhirnya berkembang menjadi mata rantai perdagangan yang menghubungkan wilayah-wilayah di sekitar Batavia.  Salah seorang pemilik tanah, Justinus vink, mendirikan pasar Tanahabang (Pasar Sabtu) dan pasar Weltevreden (Pasar Senen) pada tahun 1735.  Hari pasar dan barang yang diperdagangkan ditentukan oleh pemerintah yang berkuasa berdasar surat izin yang dikeluarkan untuk masing-masing pasar.  Untuk Tanah Abang sendiri barang yang diperdagangkan adalah tekstil, kelontong dan hasil bumi.

Menjelang akhir abad ke-19, Tanah Abang mulai banjir pedagang dari Arab, hingga statistik mencatat jumlah orang Arab di Tanah Abang mencapai 13ribu jiwa pada tahun 1920.  Kedatangan orang-orang Arab memicu perdagangan ternak kambing karena kegemaran orang Arab menyantap makanan sejenis domba itu.  Tak heran Tanah Abang juga dikenal dengan sebutan pasar kambing.  Konon, pedagang kambing yang ada saat ini merupakan pedagang kambing turun-temurun.

Keberadaan Pasar Tanah Abang sangat berpengaruh terhadap tumbuhnya perkampungan disekitarnya.  Secara alami, banyak masyarakat bermukim dan membangun tempat tinggal hingga pemerintah membuat wilayah tersebut dalam satu kecamatan bernama Tanah Abang.

http://www.tanahabangtrends.com/blog/tanah-abang-atau-tenabang-sejarah-kampung-tua-di-jakarta/

TANAH ABANG MASA KINI

Tanah abang masa lalu dan masa kini sangat berbeda jauh ,dahulu tanah abang tidak semodern masa kini .Dahulu tidak banyak yang berjualan di pasar tanah abang ,namun sekarang dari seluruh penjuru provinsi di Negara Indonesia ada di tanah abang . Mereka berbondong bondong untuk merubah nasib mereka . Dengan cara apa mereka merubah nasib? Yaaap ,mereka rata rata berjualan di pusat grosir tanah abang . Bermacam-macam barang yang dijual disana ,perangkat alat sholat ,baju ,konversi baju , Toko Baju Grosir dan Eceran Busana Wanita, Fashion, Busana Muslim, Pakaian Pria, Anak-Anak, Sepatu, Sandal, Tas dan lain-lain . Dan harganya pun murah ,bajunya pun bagus bagus .
Bahkan terkadang mama saya pergi berbelanja kesana (maaf curhat) J . pasar tanah abang sangat berkembang pesat di masa kini tetapi tanah abang terkenal dengan preman preman yang sering memalak uang keamanan bagi para penjualnya .saat ini pasar tanah abang sudah menjadi mall yang sangat besar sehingga banyak orang yang tertarik untuk masuk kedalam .

WAWANCARA

Narasumber : Ibu Feby

Pekerjaan : Penjual Busana Muslim

Saya : Maaf bu mengganggu waktunya sebentar ,saya ingin wawancara untuk tugas kuliah ,boleh tidak bu saya meminta waktunya?

Ibu Feby : oh ,boleh . Maaf kamu dari mana ya?

Saya : Saya dari universitas gunadarma bu . ibu tau ?

Ibu Feby : oh iya tau de .

Saya : langsung aja ya bu saya Tanya ,maaf sebelumnya nama ibu siapa?

Ibu Feby : Nama saya Feby .

Saya : Ibu asli sini atau merantau?

Ibu Feby : Saya asli padang de .

Saya : oh asli padang toh bu ,kalau boleh tahu ,ibu berjualan apa ya disini ?

Ibu Feby : saya berjualan macam macam busana muslim ,ya ada yang untuk anak kecil ,balita ,dan dewasa .

Saya : Bagaimana menurut ibu berjualan disini? Apakah menguntungkan?

Ibu Feby : hm ,menguntungkan sih .karena disini tempatnya grosir yang terkenal ,hampir semua orang tahu akan tempat ini .Terlebih lagi ,disini harganya murah dan bahannya bagus .

Saya : oh gitu ya bu ,infonya bagus nih untuk artikel saya .Maaf bu ,ibu di sini tinggal dengan siapa? Keluarga atau dengan saudara?

Ibu Feby : saya tinggal dengan saudara saya de , kebetulan saya kesini karena saudara saya .

Saya : oh begitu ya . yasudah bu ,cukup segini aja wawancara nya . terima kasih banyak ya bu telah meluangkan waktunya . Maaf mengganggu waktu ibu .

Ibu Feby : Oh iya de ,sama – sama .

REFERENSI : DIRI SENDIRI .

gunadarma.ac.id

#KeepPostingandKeepSpirit ya kawan!😀

jangan lupa di view terus ya blog saya .

dan jangan lupa di follow🙂

tanpa kalian blog saya takkan pernah berarti . :kiss

About Awan79 Exactly !! :)

I'm ordinary man :)

Tinggalkan comment ya :)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s